Kamis, 06 Oktober 2016

Badminton/Bulu Tangkis




Banyak diantara kita mendengar kata ini… ya betul ini adalah olahraga yang banyak diminati oleh seluruh orang di penjuru dunia terutama di Indonesia, saya juga sangat menyukai olahraga Badminton ini. Pertama saya mau menjelaskan sejarah asal muasal olahraga Badminton ini.
Olahraga Badminton berasal dari india yang terkenal dengan nama Poona, namun olahraga ini tidak berkembang di India dan para perwira perang Inggris membawa bulu tangkis ini ke Inggris dan untuk pertama kalinya dimainkan secara resmi di kota badminton tempat kediaman Duke of Beaufort. Pada tahun 1934 didirikan IBF. Ketika itu yang menjadi anggota hanya beberapa negara yakni inggris, denmark, perancis, irlandia, netherland, selandia baru, dan wales. Sedangkan ketua IBF yang terpilih adalah Sir George Thomas dari Inggris. Tahun 1949 diadakan pertandingan beregu putera untuk memperebutkan piala dari Sir George Thomas yang kemudian terkenal dengan nama Thomas Cup. Dan pada tahun 1957 diadakan pertandingan beregu putri untuk memperebutkan piala yang diberikan dari Ny. Betty Uber yang terkenal dengan nama Uber Cup. Thomas cup dan Uber cup dilaksanakan 3 tahun sekali. Di Indonesia olahraga bulu tangkis ini baru dibentuk pada tangal 5 Mei 1951 dengan terbentuknya PBSI. dan pada tahun 1968 Indonesia untuk pertama kalinya menjadi juara dunia tunggal putra melalui Rudi Hartono.
Alat yang dipakai olahraga ini adalah  menggunakan sebuah raket sebagai alat pemukul dan shuttlecocks sebagai bola yang dipukul melewati net. Permainan dimulai dengan cara menyajikan bola atau service, yaitu memukul bola dari petak kiri lalu ke petak kanan lawan, sehingga jalan bola menyilang. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan oleh putra dan putri, dengan bentuk permainan: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Setiap partai terdiri dari 3 set tetapi bila pemain menang dua set langsung, maka set yang ketiga tidak dilanjutkan.
Disini saya ingin berbagi tips dan tata cara bagaimana bagi pemula untuk bermain olahraga badminton dengan benar.
1.      Cara memegang raket
Ada 2 cara pegangan raket yaitu : Forehand dan Backhand.


 
·         Pegangan raket Forehand



Pegang raket dengan tangan kanan, kepala raket menyamping, pegang raket seperti menjabat tangan (bentuk v) pada gagang raket. Jari tengah,Jari manis dan kelingking menggenggam raket sedangkan jari telunjuk agak terpisah. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan jari telunjuk.

·         Pegangan raket Backhand



Geser tangan yg berbentuk v tadi kearah dalam. Letaknya di samping dalam, jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

2.      Gerakan Kaki
Kecepatan gerak kaki untuk bisa menghasilkan pukulan yang berkualitas. Gerak langkah ke depan, belakang, samping saat memukul kok dengan memperhatikan keseimbangan. Gerak langkah meluncur cepat sangat efektif dalam memukul dan hindari berdiri dengan telapak kaki saat menunggu datangnya kok, bila lawan pada saat bermain badminton bertubuh besar kita bisa menggunakan peluang untuk menang dari gerakan kaki biasanya gerakan kaki ini susah dilakukan oleh orang bertubuh besar.

3.      Sikap dan Posisi
Berat badan tetap bertumpu pada kedua kaki agar seimbang. Tekuk kedua lutut dan berdiri dengan ujung kaki sehingga posisi pinggang tetap tegak. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu didepannya. Lengan dengan siku bengkok di samping badan sehingga lengan bagian atas yang memegang raket bebas bergerak. Kepala raket lebih tinggi dari kepala kita.

4.      Posisi memukul
Overhead adalah posisi badan menyamping dengan arah net. Posisi kaki kanan di belakang kaki kiri. Saat memukul harus terjadi perpindahan berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri. Posisi badan harus dibelakang bola yg akan dipukul. Untuk underhead posisi kaki kanan selalu di depan dan kaki kiri dibelakang. Lutut kanan dibengkokkan, kerendahannya sesuai ketinggian bola yg akan dipukul.

5.      Service
-Service forehand pendek : kok dipukul dengan ayunan raket yang relative pendek dan tidak menggunakan tenaga pergelangan tangan.

-Service forehand tinggi : kok dipukul dengan tenaga penuh, kedua kaki terbuka selebar pinggul. Dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan secara continue. Biasanya digunakan pemain tunggal.
-Service backhand : kaki kanan di depan kaki kiri, ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Titik berat badan di kedua kaki. Ayunan raket relatif pendek hanya didorong peralihan berat badan dari kai belakang ke depan.

6.      Pengembalian Service
Teknik pengembalian servis, sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau   ke sudut depan atau belakang lapangan lawan.

7.      Smash
Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan   utamanya untuk mematikan lawan. Bila pukulan smash tidak memungkinkan untuk dilakukan maka jangan dilakukan karena nantinya akan cidera.

8.      Dropshot
Adalah pukulan yang dilakukan seperti smash. Perbedaannya pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Dropshot (pukulan potong) yang baik adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda.

9.      Netting
Adalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net. Pukulan ini benar-benar butuh latihan yg rutin karena banyak orang yg masih belum bisa melakukan pukulan netting ini termasuk saya hehe…

Itulah tips dan tata cara bagaimana bagi pemula untuk bermain olahraga badminton dengan benar. Saya juga ingin menjelaskan aturan area pada saat service, karena masih banyak orang yg belum tahu aturan nya.
  1.  Nah ini adalah aturan area yg dipakai pada saat bermain tunggal maupun  ganda.
Jadi apabila kita bermain tunggal maka area samping lapangan (yg berwarna putih) apabila kok jatuh tepat diatasnya maka dihitung out atau tidak mendapat skor, sedangkan apabila kita bermain ganda maka area yg dipergunakan adalah semua area lapangan dan tidak ada batasan out nya, apabila kok jatuh di samping lapangan maka dihitung dan mendapat skor.





  1. Nah ini adalah area pada saat kita melakukan service.
      Apabila kita bermain tunggal dan service dilakukan dapat dilihat pada gambar, area yg boleh dijatuhkan kok atau yg mendapatkan hitungan skor yaitu yg berwarna hijau, sedangkan apabila kita bermain ganda dan service dilakukan dapat dilihat pada gambar, area yg boleh dijatuhkan kok atau yg mendapatkan hitungan skor yaitu yg berwarna ungu kebiruan.
 
Mungkin hanya itu yg saya mau share semoga bermanfaat bagi teman-teman yg ingin lebih mendalami olahraga badminton ini dan ingin berprestasi dalam olahraga ini saya doakan bisa masuk ke ajang internasional dan bisa mendapatkan emas bagi Indonesia….#JayaSelaluBadmintonIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar