Kamis, 06 Oktober 2016

SIstem Informasi dan Teknologi Informasi



Apa itu SI dan TI ?
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi. Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan. Mempelajari aspek penting bagaimana “informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi. Jurusan SI ini juga menekankan pada kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi

Sistem Informasi juga membangun dan menerapkan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang sudah ada agar suatu bisnis bisa mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Ini nanti ketemu sama manajemen, analisi dan implementasi. Jadi singkatnya ya Sistem Informasi ini sebagai penunjang bisnis sih sebenernya.

Sedangkan Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Secara sederhana, Pengertian Teknologi Informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Sedangkan menurut Wikipedia, bahwa pengertian teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas.

Apa perbedaan dari SI dan TI ?
Kalo sistem informasi itu mempelajari tentang berbagai hal berbau bahasa pemrograman. Di sistem informasi nanti kalian akan bertemu dengan segala hal berbau manajemen, analisis dan implementasi sistem informasi. Bagaimana caranya membangun sama menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang lagi populer saat ini, jadi titik beratnya ada pada bagaimana IT bisa jadi penunjang bisnis yang berhasil dan sukses nantinya. Sistem informasi juga mencangkup seluruh sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di dalamnya.

Sedangkan teknologi informasi lebih kepada infrastrukturnya dan sistem teknologi informasi adalah suatu sistem yang terdiri dari infrastruktur-infrastruktur yang digunakan untuk menghasilkan suatu informasi. Teknologi Informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll.
Sejarah SI dan TI
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan

Bidang Komputer dan Informatika serta Sistem Informasi merupakan bidang yang ada sejak tahun 1981 sampai saat ini. Penyelenggaraan Program Pendidikan bidang Ilmu Komputer dan Informatika serta Sistem Informasi ini merupakan wujud nyata pengabdian kepada masyarakat dalam memberikan sumbangan kepada Pemerintah guna menyiapkan tenaga profesional, dan siap pakai di bidang ilmu dan teknologi, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing di era globalisasi ini.

Memasuki milenium ke 3 dan era globalisasi ini, peranan teknologi serta sumber daya manusia akan sangat menonjol. Dalam hal ini perlu diberikan prioritas utama pembangunan dan sumber daya manusia guna dapat mendukung program pemerintah dan sektor swasta yang semakin berkembang pula.

Pengaruh globalisasi telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat serta perkembangan perekonomian yang pesat, termasuk yang berhubungan dengan ilmu dan teknologi informasi serta komputer yang sangat membutuhkan teknologi yang maju dan tepat guna.

Contoh Inovasi dibidang SI dan TI
Pemanfaatan inovasi dan teknologi dalam bidang pendidikan dapat dikategorikan menjadi dua bentuk yaitu :
a.         Penerapan inovasi dan teknologi pendidikan dalam bentuk sistem pendidikan
Inovasi dan teknologi pada tataran ini menjangkau area kebijakan penyelenggaraan proses pendidikan. Contoh dari pemanfaatan inovasi dan teknologi pelaksanaan sistem Cara Belajar Pelajar Aktif (CBSA), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), atau penambahan jam belajar di sekolah. Pada tataran ini inovasi dan teknologi diterapkan secara massal karena mengarah pada sistem.
b.         Penerapan inovasi dan teknologi pada media belajar dan mengajar
Inovasi dan teknologi pada tataran ini menjangkau area yang lebih sempit, yaitu merujuk pada penyelenggaraan proses pendidikan berupa proses belajar mengajar di sekolah, Penerapan yang dilakukan adalah elaborasi hasil teknologi sebagai media belajar di sekolah, misalnya Computer Assisted Instruction (CAI), alat-alat canggih berupa audio visual, alat-alat permainan edukatif atau media cetak berupa buku-buku, serta pengadaan alat-alat laboratorium yang berkualitas
Contoh beberapa pemanfaatan antara lain :
a.         Pemanfaatan pada laboratorium pendidikan yang berfungsi melakukan penelitian dan pengembangan model pengejaran yang baik
b.         Pusat Produksi Multimedia Pendidikan yang menghasilkan audio kaset, audio grafis, program video sampai program siaran radio dan TV
c.         Pusat Pengujian sebagai pengelola evaluasi hasil belajar siswa
d.         Perpustakaan
e.         Pusat Penerbitan menerbitkan bahan ajar cetak
f.      Unit-unit kerja lain seperti Pusat Komputer, Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, Sistem Informasi



https://blog.ugm.ac.id/2010/07/25/pemanfaaatan-inovasi-dan-teknologi-untuk-pendidikan/
http://sembilan2zone.blogspot.co.id/2011/11/perbedaan-sistem-informasi-dan-sistem.html
sistem-informasi-sistem-komputer-dan-software-engineering/
http://www.artikelsiana.com/2015/09/teknologi-informasi-pengertian-tujuan-fungsi.html#
http://iswanticha.blogspot.co.id/2013/04/perbedaan-teknologi-informasi-dengan.html
http://coretansikinoy.blogspot.co.id/2013/04/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

24 komentar:

  1. nice info, thankyou~ keep writing good article!

    BalasHapus
  2. informasi yang diberikan bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  3. Bagus artikel nya.. Lanjutkan dan terus berkarya ...

    BalasHapus
  4. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  5. ringkas mas artikelnya, thanks ya! :D

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  8. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  9. bang mau curhat tadi saya nyasar ke artikel bultang:(

    BalasHapus
  10. terima kasih artikelnya sangat membantu proses belajar

    BalasHapus
  11. syukron untuk blognya gan manfaat bgt nih moga2 barokah aamiin.

    BalasHapus
  12. keren nih bro artikelnya, thanks bgt ya infonya

    BalasHapus